Wednesday, November 8, 2017

Cara Memperbaiki Memory RAM Komputer Yang Rusak Dan Penyebabnya

Cara memperbaiki memory RAM komputer yang rusak dan penyebabnya - Random Access Memory atau biasa di singkat RAM adalah bagian yang terpenting dari hardware komputer. Yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara dari sistem komputer. Maka dari itu apabila dari RAM sendiri mengalami kerusakan pastinya kita harus berupaya untuk memperbaiki.

Cara Memperbaiki Memory RAM Komputer Yang Rusak Dan Penyebabnya
Cara Memperbaiki Memory RAM Komputer Yang Rusak Dan Penyebabnya



Pada RAM sendiri memiliki kapasitas yang berbeda-beda, apabila semakin besar RAM yang dimiliki berarti semakin banyak ruang untuk menjalankan aplikasi secara menyeluruh.

Terkadang untuk penggunaan RAM sebagian pengguna komputer akan membagi pemakaian pada memory. Sehingga aplikasi yang tadinya tidak di gunakan akan dimatikan terlebih dahulu fungsinya agar ruang memory RAM tidak terlalu penuh dan tidak terjadi crash.

Nah setelah mengenal lebih dalam mengenai RAM, disini kami akan memberikan solusi apabila nantinya memory RAM anda rusak dan apa saja penyebab - penyebab yang dapat menimbulkan kerusakan RAM. Sebelum itu kenali terlebih dahulu ciri-ciri dari RAM yang mulai error.

Ciri-ciri RAM yang rusak dan error :


1. Komputer tidak dapat melakukan booting sama sekali.
2. Komputer mengeluarkan bunyi beep ketika komputer pertama kali dinyalakan.
3. Komputer sering crash dengan sendiri nya.
4. Tiba-tiba terjadi blue screen pada komputer Anda.
5. Komputer sering shutdown dengan sendirinya.

Cara memperbaiki memory RAM komputer yang rusak dan penyebabnya


1. Tegangan listrik yang tidak stabil

Tegangan listrik yang kurang stabil kerap kali menjadi sumber kerusakan pada memory RAM yang sering dialami. Ketika Anda sedang asyik menggunakan komputer tiba-tiba listrik mati secara otomatis hal ini menyebabkan sistem yang sedang berjalan juga mati tiba-tiba.

Cara memperbaikinya : yakni dengan menggunakan power suply atau UPS, dengan power suply ini setidaknya saat arus listrik di rumah Anda tidak baik power suply ini dapat menyimpan daya listrik. Sehingga tidak akan menimbulkan komputer mati secara tiba-tiba.

2. Slot memory atau Kuningan RAM kotor

Penyebab yang kedua adalah slot memory atau Kuningan RAM kotor dan berdebu, hal ini kerap di alami dimana casing komputer Anda biarkan terbuka lebar. Sehingga debu dan kotoran mudah masuk pada memeory RAM.

Debu dan kotoran pada slot memory ini bisa menyebabkan komputer Anda hang atau crash karena RAM akan berhenti bekerja. Sehingga hal ini menyebabkan kerusakan pada memory RAM.

Cara memperbaikinya : yaitu dengam cara membersihkan memory RAM degan menggunakan penghapus karet. Caranya dengan menggosok-gosokan penghapus pada Kuningan RAM yang kotor.

3. Overclocking atau memaksa kinerja RAM

Permasalahan terakhir ini terkadang sering menimpa para pecandu game atau gamers untuk mendapatkan memory RAM yang lebih dan tanpa batas. Resiko dari overclocking ini ialah semakin mempercepat kerusakan pada memory RAM.

Cara memperbaikinya : belilah RAM dengan kapasitas yang lebih besar dan kiranya cukup untuk menampung aplikasi yang ingin Anda jalankan. Hal ini juga untuk mencegah kerusakan pada RAM sehingga RAM tidak mudah panas dan bisa membuat kinerja RAM semakin baik.

Itulah penyebab dan cara memberbaiki memory RAM yang rusak, sebagai pengguna pastinya kita harus menjaga dan merawat memory RAM pada komputer agar tidak bebermasalah dan cepat rusak.
Demikian lah artikel kami terkait cara memperbaiki memory RAM komputer yang rusak dan penyebabnya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan pastinya juga bisa menambah informasi Anda sekitar dunia kumputer.