Saturday, October 28, 2017

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Dengan 8 Trik Dibawah Ini

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Dengan 8 Trik Dibawah Ini - Laptop merupakan kebutuhan bagi setiap orang terutama bagi mereka yang bekerja di kantoran, dan bahkan sampai anak sekolah. Namun pastinya kita juga harus mengetahui bagaimana sih cara nya merawat laptop agar tidak cepat rusak dan bisa tahan lama tanpa masalah?

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Dengan 8 Trik Dibawah Ini
Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Dengan 8 Trik Dibawah Ini


Sebenarnya merawat laptop secara baik dan benar itu gampang-gampang susah karena kita harus teliti dan pastinya telaten dalam melakukan perawatan. Jika tidak, sangat merugikan sekali karena laptop sendiri pun juga sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari untuk menggali informasi, menulis, dll.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara perawatan pada laptop agar tidak cepat rusak. Selanjutnya Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini untuk keamanan dalam perawatan laptop Anda.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Dengan 8 Trik Di Bawah Ini :


1. Bersihkan optical drive

Trik yang pertama adalah anda harus membersihkan optival drive laptop Anda yang masih menempel secara rutin. Dan hal yang harus Anda waspadai adalah ketika Anda memasukkan CD/DVD pada optical drive.

Karena apa? Karena lensa optik pada optical drive itu sangat rentan sekali jadi Anda harus berhati-hati ketika memasukkan nya. Hal ini dilakukan juga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada optical drive tersebut.

2. Jangan charge batrei laptop berlebihan

Untuk trik yang kedua yakni jangan mencharge batrei laptop secara berlebihan, jika sudah penuh atau full segera cabut dari arus listrik. Dan untuk mencharge batrei laptop yang normal dan pada umunya yakni sekitar 2-4 jam saja.

3. Hindari memasukkan laptop selesai dipakai ke dalam tas

Hal ini wajid Anda perhatikan dan jangan sekali-kali memasukkan laptop yang baru saja selesai di pakai ke dalam tas. Karena terkadang rasa panas dalam laptop yang masih belum reda dan hilang sebaiknya Anda diamkan dulu beberapa menit sampai benar-benar dingin.

4. Jangan bermain game di laptop dengan durasi yang lama

Untuk selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah jangan bermain game di laptop dengan durasi yang lama. Karena hal ini dapat mengakibatkan komponen yang ada di dalam laptop mengalami overheat.

Selain dapat menyebabkan overheat, kebiasaan buruk ini juga adalah salah satu penyebab batrei laptop Anda mengalami kebocoran. Untuk itu jangan lakukan hal ini cukup bermain game seperlunya saja tanpa durasi yang lama.

5. Jangan taruh laptop di kasur

Trik selanjutnya adalah jangan menaruh laptop yang sedang Anda gunakan di kasur. Karena suhu panas yang ada di laptop bisa jadi tidak akan keluar sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada komponen laptop.

6. Jangan menaruh laptop bersama benda-benda lain

Nah hal ini juga wajib Anda hindari, karena menaruh laptop dalam tas bersamaan dengam benda-benda lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada komponen laptop.

7. Jangan sentuh layar dengan benda keras

Yup, jangan menyentuh layar laptop Anda dengan benda-benda keras karena hal ini akan membuat kerusakan pada layar laptop Anda.

8. Bersihkan laptop

Trik yang terakhir bersihkan laptop Anda secara berkala paling tidak selama satu bulan sekali. Anda dapat membersihkannya dengan membongkar laptop dan membersihkan debu, kotoran yang ada.

Itulah ulasan kami mengenai cara merawat laptop agar tidak cepat rusak dengan 8 trik di atas. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk Anda dalam merawat laptop sehingga dapat membuat laptop Anda terawat dan tahan lama.