Saturday, October 28, 2017

Cara Mengatasi Blue Screen & Penyebab Blue Screen Pada Windows

Cara Mengatasi Blue Screen & Penyebab Blue Screen Pada Windows - Bagi pengguna windows pasti sudah tak asing lagi apabila mendengar kata-kata blue screen of death atau yang biasa di sebut BSOD. Terjadinya BSOD pasti juga ada penyebabnya dan begitupun dengan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Blue Screen & Penyebab Blue Screen Pada Windows
Cara Mengatasi Blue Screen & Penyebab Blue Screen Pada Windows


BSOD sendiri terkadang terjadi karena adanya software atau hardware yang crash secara fatal. Sehingga hal ini menyebakan laptop atau komputer Anda harus segera di restrat ulang.

Untuk itu pada artikel kali kami akan membahas apa saja penyebab blue screen dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk lebih lanjut silahkan Anda simak ulasan yang ada di bawah ini.

Cara Mengatasi Blue Screen & Penyebab Blue Screen Pada Windows


Penyebab blue screen yang kerap terjadi adalah adanya masalah dengan hardware atau software driver yang ada di komputer Anda. Penyebab blue screen juga dikarenakan oleh masalah hardware dan software dengan tingkatan rendah yang berjalan di kernel windows.

Dan blue screen ini terjadi ketika windows bertemu dengan error stop sehingga terjadi nya kegagalan yang fatal. Lalu menyebabkan windows crash dan berhenti bekerja dan satu-satunya cara yaitu dengan merestart ulang.

Sedangkan untuk dapat melihat penyebab blue screen yang terdapat di komputer Anda , ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama Anda bisa menggunakan software gratis dari Nirsoft's yaitu bluescreenview dan menggunakan windows event viewers.

Cara mengatasi blue screen pada windows :

1. System restore

Apabila blue screen bari saja terjadi pada laptop maupun komputer Anda maka sebaik nya Anda mulai menggunakan system restore ini. System restore ini akan membuat komputer Anda kembali pada keadaan sebelumnya apabila system restore ini berhasil berarti kesalahan berada di software.

2. Scan malware

Malware yang sudah menembus jauh ke dalam windows apalagi jika sudah berada di kernel windows. Yakni sebuah tingkat dimana sesuatu paling rendah pada windows yang dapat menyebabkan kurang stabilnya sebuah sistem.

Maka solusi untuk permasalahan ini adalah Anda dengan melakukan scan antivirus terhadap malware. Agar laptop atau komputer Anda yang semula terkena blue screen dapat kembali seperti semula.

3. Install update driver

Penggunaan driver yang salah instal atau tidak pernah di update pun dapat menyebabkan crash dan akhirnya blue screen. Untuk itu segera download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer Anda.

4. Boot ke safe mode

Apabila komputer Anda mengalami blue screen atau BSOD saat di nyalakan, itu berarti Anda masih bisa masuk ke safe mode. Saat di safe mode windows hanya akan mengambil driver-driver yang penting apabila Anda salah menginstal driver yang menyebabkan BSOD maka dengan safe mode Anda dapat menginstalnya.

5. Periksa masalah hardware

Blue screen sendiri dapat terjadi saat kegagalan hardware terjadi dari komputer. Dan cara untuk mengatasinya dengan mengetikkan memory diagnostics tool pada start menu atau mungkin komputer Anda sedang keadaan terlalu panas dan kekuranhan fan.

6. Install ulang windows

Hal ini adalah cara terakhir yang dapat Anda lakukan yakni menginstal ulang windows komputer Anda. Dengan cara ini sistem akan memulai dari awal dan tidak akan ada kerusakan pada komputer Anda tetapi bila komputer tidak membaik berarti permasalahan ada di hardware.

Itu dia ulasan kami mengenai cara mengatasi blue screen & penyebab blue screen pada windows. Semoga artikel di atas dapat memberi Anda informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda.