Saturday, October 28, 2017

5 Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop Dan Komputer Dengan Mudah

5 Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop Dan Komputer Dengan Mudah - Saat ini sudah banyak jenis laptop maupun komputer yang dilengkapi dengan adapter wifi. Dengan adanya wifi kita dapat mengambil jaringan internet tanpa perlu menggunakan alat perantara seperti kabel dan modem melainkan hanya dengan mengaktifkan wifi tersebut.

5 Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop Dan Komputer Dengan Mudah
5 Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop Dan Komputer Dengan Mudah


Tetapi saat ini juga masih ada segelintir orang yang masih bingung bagaimana sih cara mengaktifkan wifi pada laptop dan komputer. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberi tips-tips untuk hal tersebut agar lebih memudahkan Anda dalam menggunakan jaringan wifi.

5 Cara Mengaktifkan Wifi Di Laptop Dan Komputer Dengan Mudah

1. Tombol wifi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tombol wifi untuk mengaktifkan wifi dengan mudah. Tombol wifi ini biasanya terletak pada bagian atas atau samping keyboard tergantung pada laptop yang Anda gunakan.

Dan untuk bisa mengaktifkan nya Anda cukup menekannya karena tombol tersebut juga dilengkapi dengan lampu indikator. Lampu tersebut akan menyala ketika wifi Anda aktif dan akan mati apabila wifi Anda dimatikan.

2. Tombol FN

Apabila laptop Anda tidak dilengkapi dengan tombol wifi maka cara kedua ini dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan wifi. Yup, semua laptop sudah disiapkan tombol function untuk mengaktifkan wifi tombol tersebut berupa tombol F1-F12 yang terletak di atas tombol angka.
Untuk mengaktifkannya Anda perlu mencari tombol function yang terdapat simbol wifi di atasnya. Untuk contohnya, apabila simbol wifi berada pada tombol F10 maka Anda tinggal menekan tombol Fn dan F10 secara bersamaan begitu juga dengan mematikannya.
3. Windows mobility center

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan windows mobility center, cara ini juga dapat digunakan apabila komputer Anda sudah dipasangi dengan wireless card. Anda dapat memperhatikan langkah-langkah di bawah ini dan untuk windows 7 cukup klik tombol start di taskbar sebelah kiri lalu pilih control panel.

Untuk windows 8 sapukan kursor pada kana layar sampai muncul charms bar kemudian pilih setting. Selanjutnya pilih opsi "change PC setting" lalu pilih "network", apabila "airplane mode" menyala sebaiknya matikan dulu karena wifi tidak dapat menyala lalu di bagian wireless device aktifkan opsi wifi.

Untuk windows 10 sama seperti pada windows 8 cukup klik ikon network pada taskbar. Apabila mode airplne menyala Anda harus mematikannya dahulu dengan cara klik ikon tersebut lalu tinggal nyalakan wifi dengan mengklik ikon wifi.

4. Mengaktifkan adapter wifi

Selanjutnya Anda dapat menggunakan cara mengaktifkan dengan adpater wifi, cara ini dapat digunakam pada windows 7,8 dan 10. Cukup dengan buka start menu kemudian pilih control panel lalu buka opsi "network and internet".

Kemudian pilih lagi opsi "networking and sharing center" lalu pada menu di sebelah kiri pilihlah "change adapter settings". Carilah ikon wireless yang Anda gunakan lalu klik kanan dan pilihlah opsi "enable".

5. Intsal wireless driver

Apabila cara-cara di atas masih belum berhasil, kemungkinan besar wireless drivernya masih belum terinstall. Nah, untuk penginstalan nya Anda cukup memasukkan DVD driver yang terkadang berada dalam paket penjualan laptop atau penjualan networknya.

Nah, itulah 5 cara mengaktifkan wifi di laptop dan komputer dengan mudah Anda dapat memilih salah satu dari kelimanya. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi Anda semuanya.